Beranda > Akuntansi > Sudut Pandang Akuntansi

Sudut Pandang Akuntansi

Pengertian akuntansi dapat dirumuskan dari dua sudut pandang,yaitu pengertian dari sudut pandang pemakai dan sudut proses kegiatannya.

Pengertian dari sudut pandang pemakai

Ditinjau dari sudut pemakainya,akuntansi adalah suatu disiplin yang menyediakan informsi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efisien dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan suatu organisasi. Informasi yang dihasilkan akuntansi diperlukan untuk:

  1. Membuat peerencanaan yang efektif,pengawasan,dan pengambilan keputusan oleh manajemen; dan
  2. Pertangungjawaban organisasi kepada para investor,kreditur,badan pemerintah,dsb.

Dari pengertian sudut pandang pemakai dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut :

  1. Akuntansi diselenggarakan dalam suatu organisasi,biasanya berupa organisasi perusahaan. Informasi akuntansi yang dihasilkan adalah informasi tentang perusahaaan.
  2. Informasi akuntansi sangat penting dalam menyelenggarakan kegiatan perusahaan. Yaitu pengambilan keputusan intern dan pihak ekstern organisasi.

Pengertian akuntansi dari sudut proses kegiatan

Dari sudut pandang kegiatannya akuntansi adalah suatu proses pencatatan,penggolongan,peringkasan,pelaporan,dan penganalisaan data keuangan suatu organisasi. Pengertian ini menunjukan bahwa kegiatan akuntasi merupakan tugas yang kompleks dan menyangkut bermacam-macam kegiatan. Pada dasarnya akuntansi harus :

  1. mengidentifikasi data nama yang berkaitan atae relevan dengan keputusan yang akan diambil.
  2. Memproses atau menganalisis data yang relevan.
  3. Mengubah data menjadi informasi yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.

Sebagai suatu sistem iformasi akuntansi bermanfaat oleh berbagai pihak baik pihak intern dan ekstern. Secara garis besar akuntasi bermanfaat oleh berbagai pihak, yaitu :

1. Manajer

  • Seorang manajer menggunakan akuntansi untuk menyusun sebuah perencanaan perusahaannya,mengevaluasi kemajuan yang dicapai dalam usaha mencapai tujuan,dan melakukan tindakan-tindakan koreksi. Keputusan yang diambil manajer berdasar informasi akuntansi,misalnya : menentukan peralatan apa yang sebaiknya dibeli,berapa persediaan yang harus ada digudang, dan berapa kas yang harus dipinjm dari bank.

2. Investor

  • Sebelum melakukan penanaman modal ,seorang investor melakukan evaluasi pendapatan yang diperkirakan akan diperoleh dari investasinya. Ini berarti para investor harus melakukan analisis atas laporan keuangan perusahaan yang akan dipilih sebagai tempat penanaman modalnya. Setelah menjadi investor mereka melakikan monitoring terhadap perusahan dengan menganalisis laporan keuangan yang diterbitkan perusahaan melalui berita-berita keuangan dalam berbagai surat kabar dan majalah. Sumber berita keuangan dan surat kabar majalah ini adalah laporan-laporan akuntansi.

3. Kreditur

  • Seorang kreditur hanya memberi kredit kepada calon kredit yang dipandang mampu mengembalikan bunga dan mengembalikan uang yang dipinjam. Oleh karena itu seorang kreditur selalu meminta laporan keuangan calon nasabah untuk dinilai.

4. Instansi Pemerintah

  • Informasi akuntansi merupakan sumber utama bagi badan pemerintah untuk dapat menetapkan pajak perusahaan atau mengawasi perusahaan.

5. Organisasi nirlaba

  • Organisasi yang tidak bertujuan mencari laba seperti yayasan dan organisasi keagamaan. Walau mereka tidak bertujuan mencari laba,namun mereka tetap berurusan dengan keuangan,dan mereka harus mempunyai anggaran,membayar tenaga kerja,membayar sewa,listrik,dll.

6. Pemakai lainnya

  • Infirmasi akuntansi diperlukan juga oleh berbagai pihak lain untuk kepentingan-kepentingan lain,misalnya buruh. Para buruh perlu mengetahui informasi laba perusahaan dan informasi keuangan lainnya,hal ini dikarenakan penting bagi buruh untuk meminta kenaikan gaji atau tunjangan-tunjangan lain ditempat mereka bekerja.

Sumber :: putri180191.ngeblogs.com

About these ads
Kategori:Akuntansi
  1. Agustus 10, 2013 pukul 11:19 am

    alhamdulillah semoga berkah dan bermanfaat

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: